
Kuatkan #LocalPride Indonesia!
Kampanye “Cintailah Produk Lokal!” atau “Gunakan Produk Anak Bangsa” dulunya dianggap remeh oleh masyarakat. Dimana saat itu, masyarakat Indonesia masih belum mengetahui potensi dari negeri Indonesia tercinta terutama dalam bidang fashion. Masyarakat masih berlomba – lomba menggunakan brand ternama luar negeri.
Namun seperti yang kita ketahui, produk lokal saat ini sudah sangat berkembang dan maju. Jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya, penjualan dan pemberdayaan brand lokal sudah sangat meningkat hingga sampai keluar Indonesia. Menurut Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, bidang fashion menyumbang 40% dari seluruh ekonomi kreatif di Indonesia dan merupakan penyumbang terbesar kedua untuk Pendapatan Domestik Bruto (PDB) setelah kuliner.
Kualitas dari Brand Lokal saat ini sudah sangat bagus dan tidak kalah dengan brand luar negeri. Hanya saja kurangnya kesadaran dan dukungan dari masyarakat yang memperlambat pertumbuhan brand awareness untuk brand – brand lokal Indonesia. Sehingga diciptakanlah tagar #LocalPride untuk mendukung dan mengajak anak – anak muda dan rakyat Indonesia untuk bangga dan mencintai produk – produk Indonesia.
Saat ini, rakyat Indonesia sudah sangat mendukung dan mengangkat Brand Lokal, contohnya saat Presiden Indonesia, Joko Widodo menggunakan jaket denim dan mengendarai motor chopper saat Asian Games tahun 2018 berlangsung dan hadirnya beliau pada acara Jakarta Sneakers Day (JSD) untuk membeli sepatu dari Brand Lokal bernama Saint Barkley (SB) ciptaan Alvi dan kawan – kawan yang terinspirasi dari komunitas musik dan skateboard di Bandung yang merupakan satu-satunya brand lokal dalam perayaan JSD. Presiden Jokowi memang dikenal dengan kecintaannya terhadap brand lokal dan berbelanja pada brand lokal seperti Nah Project, Bulls Syndicate, Ame Raincoat, ADA Fahion dan BUTI
BUTI merupakan Local Brand yang bergerak di bidang fashion dengan mengangkat konsep streetwear yang ingin membawa rasa nyaman dan kebebasan berekspresi dalam dunia fashion. BUTI juga sudah diuji coba dengan kain pilihan dan berbagai jenis benang yang berkualitas. Untuk melihat lebih lanjut langsung cek Instagram BUTI @buti_store, Shopee BUTI Store dan website BUTI.
Sebagai dukungan untuk para pengusaha Brand Lokal, muculah tagar #LocalPride sebagai lambang kebanggaan rakyat Indonesia terhadap karya anak bangsa Indonesia. Dengan adanya tagar #LocalPride ini, telah mengangkat Brand – brand Lokal menggunakan konten – konten yang disebarkan melalui Media Sosial. Selain tagar tersebut, LocalPride sudah memiliki akun media sosialnya sendiri untuk mempermudah promosi bagi para pengusaha brand lokal dengan ID @localprideindonesia dengan pengikut sebanyak 480K di Instagram.
So, this is it guys! Ayo bawa produk lokal untuk semakin maju dan harumkan nama Bangsa Indonesia!